Minggu, 06 Desember 2009

healthy juice


Anda ingin sehat? Tapi, tidak mau minum obat dan mengeluarkan biaya yang mahal? HEALTHY JUICE solusinya.

Buah dan sayuran terdiri dari berbagai komponen. Disamping mengandung zat gizi berupa berupa vitamin dan mineral sebagai komponen utama, buah dan sayuran juga mengandung zat-zat lain yang sangat bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan. Zat-zat tersebut adalah serat makanan, enzim dan fitonutrien.

Menu HEALTHY JUICE

A. Menurunkan tekanan darah tinggi

Penyakit darah tinggi bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang berhubungan dengan gaya hidup, seperti diet yang buruk, merokok, kurang olahraga, dan stress. Salah satu pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan banyak mengosumsi buah dan sayuran.

Buah dan sayuran untuk menurunkan tekanann darah tinggi antara lain, apel, belimbing, kesemek, asaparagua, belimbing wuluh, buncis, kapri manis, mentimun, selada, seledri dan wortel.

1. Jus belimbing berembun

2. Jus carrot mentimun

3. Jus wortel

4. Jus apel

5. Jus apel lettuce

6. Jus seledri lettuce nanas

B. Mengobati gangguan hati/lever

Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang jaringan hati sehingga menimbulkan peradangan. Pengauran pola makan yang baik merupakan bagian penting dalam proses penyembuhan penyakit ini. Untuk mengganti jaringan tubuh yang rusak, sebaiknya meningkatkan asupan protein serta mengosumsi buah dan sayuran untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah dan sayuran untuk mengobati lever antara lain anggur, markisa, pare, semangka, stroberi dan wortel.

1. Jus anggur

2. Jus anggur kiwi

3. Jus markisa

4. Jus markisa campur

5. Smoothie rame

C. Mengobati gangguan ginjal

Peranan pengaturan pola makan sangat penting pada penderita gangguan ginjal. Dengan tujuan menyelaraskan pemasukan zat gizi melalu makanan dengan batas kemampuan fungsi ginjal. Buah dan sayuran untuk mengobati gangguan ginjal dan saluran kemih antara lain anggur, bengkuang, kelapa, markisa,semangka, stroberi, asparagus, labu kuning, pegagan, sawi putih, selada air dan talas.

1. Jus stroberi embun

2. Jus strosemun

3. Jus stromajer

4. Shake stroberi pisang nanas

D. Mengobati penyakit asam urat

Kadar asam urat sangat berhubungan erat dengan makanan yang dikonsumsi. Buah dan sayuran untuk mengobati gangguan asam urat antara lain, buah naga, nanas, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.

1. Jus nanas

2. Jus nanas campur

3. Jus jahe jeruk nipis

4. Punch jahe

5. Jus jahe wortel melon

E. Mengobati anemia

Penyakit anemia biasanya disebabkan oleh kurangnya zat besi pada tubuh . untuk mengatasi kekurangan zat besi pada tubuh, perlu mengosumsi bahan pangan sumber zat besi. Buah dan sayuran yang bisa digunakan untuk mengobati anemia antara lain, alpukat, anggur, jeruk bali, mangga, melon, asparagus, bayam, bit, kacang hijau dan selada.

1. Jus bayam apel

2. Jus pokat

3. jus anggur

4. jus melon

F. Menjaga kesehatan mata

Untuk menjaga kesehatan mata diperlukan konsumsi makanan sumber vitamin A yang memadai. Buah dan sayuran sebagai ahan jus untuk menjaga kesehatan mata antara lain buah buni, buah naga, delima, jeruk bali, markisa, terong belanda, daun mint, jagung, labu kuning dan wortel.

1. Jus terong belanda markisa

2. Jus wortel melon jeruk

3. Jus wortel

G. Mengendalikan diabetes mellitus

Penyakit diabetes mellitus merupakan penyakit yang bersifat kronis yang terjadi akibat kekurangan insulin. Konsumsi gula dan sejenisnya dihindari serta dianjurkan untuk mengosumsi makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayuran. Buah dan sayuran yang biasa digunakan untuk jus sebagai pengendali penyakit diabetes mellitus antara lain apel, belimbing, buah naga, bayam, belimbing wuluh, buncis, kubis, labu kuning dan pare.

1. Jus apel

2. Jus astro

3. Jus kipel

4. Jus buah naga

H. Mengobati batuk

1. Jus kesemek

2. Jus pir

I. Menurunkan kadar kolestrol

Seseorang dikatakan mengalami gangguan kolestrol bila kadar kolestrol dalam darahnya diatas 200 mg/dl. Semakin tinggi kolestrol dalam darah, semakin besar pula risiko terkena pengerasan serta penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner maupun stroke. Selain terapi obat, pengendalian kadar kolestrol dapat dilakukan dengan pengaturan pola makan. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran sebagai sumber serat. Serat berperan dalam mengikat dan mengeluarkan trigliserida dan kolestrol dari system pencernaan sehingga kadar kolestrol dalam darah bisa dikontrol dan dikendalikan. Buah dan sayuran yang bsa digunakan untuk menurunkan kadar kolestrol antara lain alpukat, anggur, apel, belimbing, bengkuang, jambu biji, jeruk, melon, pisang, semangka, bayam, bit, brokoli, buncis, jagung, kembang kol, kubis, pare, seldri, dan wortel.

1. Jus jambu biji

2.Jus melon

3. Jus melon campur

4. Soda jeruk nipis

5. Pisang saju

6. Jus semangka campur

7. Jus semangka

J. Antikanker

Buah dan sayuran yang dapat digunakan sebagai bahan jus antikanker antara lain anggur, apel, bengkuang, jeruk, melon, nanas, papaya, pisang, semangka stroberi, tomat dan wortel.

1. Jus jeruk wortel

2. Jus tomat

3. Jus kombinasi buah

K. Terapi kecantikan

Buah dan sayuran memegang peranan penting pada terapi kecantikan karena selain mengandung air yang penting untuk melembapkan dan menyegarkan tubuh, juga mengandung bahan-bahan lain seperti silica pada mentimun sebagai pembentuk jaringan konektif untuk mengencangkan kulit serta oleat dan linoleat pada alpukat.

1. Jus alpukat

2. Jus bengkuang

3. Jus mentimun

4. Jus mentimun campur

5. Jus mangga nanas pepaya

L. Meningkatkan daya tahan tubuh

1. Jus manggis

M. Sebagai antioksidan

1. Jus jambu biji

2. Jus melon

3. Jus nanas

4. Jus pir

N. Melancarkan pencernaan

1. Jus kombinasi buah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar